0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

STIKES PKU Muhammadiyah Latih Perawat RS PKU Solo

Pelatihan perawat. ()

Solo — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan pelatihan Clinical Instructur (CI) atau Pembimbing Klinik bagi 50 perawat RS PKU Muhammadiyah Solo.

“Pelatihan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 23 – 25 September 2013 oleh Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Solo Weny Hastuti, S.Kep. M.Kes dan Wakil Direktur RS PKU Muhammadiyah Solo, Dr Purbowati, Sp.Rad,” ungkap Humas STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi melalui rilis yanhg diterima Timlo.net, Kamis (26/9).

Menurut Teguh, kegiatan pelatihan tersebut sebagai wujud kerjasama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan saling menstransfer ilmu. Selain itu juga sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Nantinya insyaallah kita laksanakan secara berkala di rumah sakit bersangkutan dan juga akan kita terapkan pelatihan ini kepada beberapa rumah sakit di karesidenan Surakarta yang telah menjalin kerja sama dengan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta,” jelasnya.

Menurut Teguh, dalam pelatihan tersebut STIKES PKU Muhammadiyah Solo bertindak sebagai instruktur dengan materi antara lain konsep tentang bimbingan klinik keperawatan, konsep komunikasi dalam bimbingan, memahami peran dan fungsi pembim bing klinik dan sebagainya.

Sementara itu, Wakil Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Dr. Purbowati, Sp. Rad mengatakan bahwa diadakannya pelatihan ini secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas perawat, bagi dari sisi kognitif, afektif, maupun psikomotornya.

“Disadari atau tidak, faktanya komponen keperawatan merupakan komponen yang memiliki porsi yang besar dalam penilaian akreditasi rumah sakit. Untuk itu, sinergi antara STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta dan RS PKU Muhammadiyah sangat dibutuhkan dalam pengembangan SDM bidang keperawatan,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge