0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri PU Groundbreaking Tol Solo – Mantingan – Ngawi

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. (Dok.Timlo.net/ Nanang Rahadian)

Karanganyar — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto melakukan groundbreaking jalan tol Solo – Mantingan – Ngawi di Kebakramat, Karanganyar. Jalan Tol sepanjang 90 kilometer tersebut merupakan bagian dari jalan tol trans Jawa yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya.

“Jalan tol Solo – Mantingan – Ngawi yang akan dibangun sepanjang 90 kilometer ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang akan menjadi jalur utama distribusi penumpang, barang dan jasa dari dan ke Jakarta serta kota lain di tengah dan timur pulau Jawa,“ kata Djoko Kirmanto.

Jalan tol Solo – Mantingan – Ngawi yang akan dimulai pembangunannya tersebut merupakan bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang bertujuan meningkatkan kapasitas jaringan jalan di pulau Jawa dan mendorong pengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Tengan dan Jawa Timur.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, pemerintah mengalokasikan dana APBN anggaran 2009 sampai dengan tahun anggaran 2013 Rp 1,7 triliun untuk pengadaan tanah dan Rp 1,5 triliun untuk konstruksi sepanjang 20,90 kilometer.

Djoko menambahkan hingga saat ini lahan yang telah dibebaskan mencapai 82, 69 persen dari total tanah konstruksi sebesar 755 hektar, sedangkan sisanya saat sedang dalam proses penyelesaian, baik melalui musyawarah maupun konsinyasi.

“Untuk nilai investasi jalan tol Solo – Mantingan – Ngawi porsi badan Usaha Jalan Tol sebesar Rp 5,2 triliun akan dipenuhi melalui modal sendiri dan pinjaman dari sindikasi perbankan,” pungkas Djoko.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge