0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wow! Gaya Blusukan Jokowi Ditulis Media Besar Amerika

Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan warga (dok.timlo.net/dhefi)

Timlo.net — Gaya blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kembali menjadi sorotan media asing. Kali ini salah satu media besar Amerika Serikat, New York Times, mengulas gaya blusukan mantan wali kota Solo tersebut.

Gaya blusukan Jokowi ditulis oleh Joe Cochrane. Joe menulis, Jokowi adalah seorang pemimpin yang berbeda dengan lainnya. Jokowi dianggap sering turun ke lapangan atau blusukan.

Tiap kali blusukan, Jokowi selalu menjadi magnet. Ia selalu dikerubuti oleh warga. Ada yang minta foto, ada pula sekadar bersalaman.

Menurut Jokowi, ia blusukan karena bisa menyerap aspirasi dari masyarakat secara langsung. “Saya juga menjelaskan program saya. Mereka juga dapat memberikan ide tentang program saya,” kata Jokowi seperti dilansir dari nytimes.com, 25 September 2013.

Jokowi juga dianggap sebagai pejabat yang bersih di tengah banyaknya kasus korupsi yang menjerat pejabat di Indonesia. Jokowi dinilai sebagai pejabat yang tidak memperkaya diri sendiri dan bekerja keras untuk memerangi korupsi.

Sejak menjadi gubernur pada Oktober tahun lalu, Jokowi telah membuktikan janji-janji kampanyenya. Contohnya adalah memberikan Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk siswa tidak mampu.

Selain itu, Jokowi berhasil menerapkan sistem pajak online untuk mencegah praktik korupsi. Tidak itu saja, Jokowi juga telah melanjutkan proyek mass rapid transit (MRT) Jakarta yang sempat lama tertunda.

Joe juga menyorot kesuksesan Jokowi merelokasi pedagang kaki lima (PKL) yang terletak di depan Pasar Tanah Abang, pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara tersebut. Karena selama ini, PKL adalah biang kemacetan di sekitar Tanah Abang, Jakarta Pusat. PKL lalu dipindahkan ke Blok G.

Keberhasilan merelokasi 7.000 warga yang tinggal di Waduk Pluit juga ditulis oleh Joe. Menurutnya, Jokowi melakukan hal itu untuk menormalisasi waduk yang selama 30 tahun tidak terurus dan mengakibatkan banjir. [has]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge