0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Kurban, Pemkab Klaten Perketat Pengawasan Hewan

Pemeriksaan hewan kurban (dok.timlo.net/rori)

Klaten — ¬†Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melalui Dinas Pertanian mulai memperketat pengawasan hewan kurban. Pengawasan akan dilakukan disejumlah pasar hewan di Klaten dengan menurunkan sejumlah petugas.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Sri Muryani, mengungkapkan dalam pengawasan hewan kurban, pihaknya akan membentuk tim guna mengantisipasi adanya penyakit pada hewan kurban. Tim yang dilibatkan terdiri dari dokter dan mantri hewan yang akan mengecek kesehatan hewan di pasar maupun milik masyarakat.

“Jika dalam pemeriksaan ditemukan penyakit yang berbahaya, seperti cacing hati atau penyakit antraks, hewan tersebut dilarang untuk dijual apalagi disembelih,” ungkap Sri Muryani kepada Timlo.net, Kamis (26/9).

Namun selama pengawasan yang sudah dilakukan selama sepekan terakhir ini petugas belum menemukan adanya hewan kurban yang terindikasi berpenyakit di wilayah Klaten. Biasanya penyakit yang sering ditemukan hanya penyakit kulit, namun itu bisa segera diobati.

Meski demikian pengawasan terhadap hewan kurban akan terus dilakukan di peternak maupun di pasar hingga Idul Adha mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge