0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Timsel Umumkan 10 Besar, Tiga Incumbent KPU Solo Lolos

Ketua Timsel KPU Solo, Aidul Fitriciada Azhari umumkan 10 besar calon anggota KPU Solo, Kamis (26/9) (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo – Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengumumkan 10 besar calon anggota KPU Solo. 10 nama yang lolos merupakan hasil tes wawancara 20 peserta seleksi yang sebelumnya lolos tes tertulis. Dari 10 nama yang lolos, tiga incumbent KPU Solo dinyatakan lolos seleksi 10 besar.

Ketua Timsel KPU Solo, Aidul Fitriciada Azhari mengatakan 10 nama yang lolos sebagai calon anggota KPU Solo itu yaitu Agus Sulistyono, Budi Wahyono, Didik Wahyudiono, Kajad Pamuji Joko Warsito, Nuraeni Yeriarsi, Nurul Sutarti, Pata Hindra Aryanto, Puji Kusmarti, Sri Sumanta dan Suryo Baruno.

“Kesepuluh nama itu selanjutnya akan kami serahkan langsung ke KPU Jawa Tengah, Jum’at (27/9), untuk kemudian menjalani fit and proper test awal Oktober mendatang,” kata Aidul saat jumpa pers, Kamis (26/9) di Sekretariat Timsel di Hotel Grand Setiakawan.

Dijelaskannya, dari 10 nama yang lolos itu, tiga nama diantaranya merupakan anggota KPU Solo saat ini. Ketiga incumbent tersebut yakni, Agus Sulistyono, Didik Wahyudiono dan Pata Hindra Aryanto. Dari 10 nama itu juga terdapat tiga perempuan sebagai aspek keterwakilan perempuan.  Selain itu, dua nama yang berstatus sebagai Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo juga masuk yaitu Sri Sumanta dan Budi Wahyono. Sedangkan sisanya merupakan pegiat LSM dan swasta.

Terkait lolosnya tiga incumbent, Aidul menyampaikan adanya incumbent memang diperlukan untuk menjaga kontinyuitas tahapan pemilu. Pasalnya, tahapan pemilu sudah berjalan seperti penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan lolosnya dua anggota Panwaslu murni berdasar aspek penilaian.

“Dua panwaslu lolos karena murni aspek penilaian. Komposisi 10 besar ini jika diprosentase 70 persen wajah baru dan 30 persen wajah lama,” beber Aidul yang didampingi Sekretaris Timsel Sekhal Wal Atiah dan Sekretaris KPU Solo, Sri Dento.

Aidul menambahkan, selain menyerahkan 10 nama ke KPU Jateng, pihaknya juga memberikan rekomendasi kepada KPU Jateng untuk memilih lima nama yang kemudian ditetapkan sebagai komisioner KPU Solo. Rekomendasi tersebut antaralain adanya keterwakilan incumbent dan adanya keterwakilan perempuan.

“Rekomendasi ini hanya bersifat umum. Kami tidak merekomendasikan nama karena  pemilihan lima nama sepenuhnya wewenang  KPU Jateng,” pungkas dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge