0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anies Baswedan: Indonesia Perlu Kursus Pendidikan Orangtua

Anies Baswedan. (Dok: Timlo.net/Ranu Ario)

Solo — Selama ini fokus pendidikan yang ada di Indonesia adalah untuk mendidik generasi muda sehingga bermunculanlah berbagai gerakan mengajar di negeri ini. Tapi menurut pemrakarsa Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, guru dan orangtua juga perlu dididik.

“Orangtua adalah sosok pendidik yang jarang dipersiapkan,” ujar Anies saat menjadi pembicara “Seminar Gerakan Mengajar” yang diadakan di Aula Gedung F FKIP UNS, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (26/9) siang.

Krisis integritas yang menjadi wabah di negara Indonesia, menurut peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat tersebut, disebabkan karena orangtua dan guru belum mampu menjadi sosok yang bisa diteladani oleh anak-anak.

“Integritas lebih dari sekedar kejujuran. Tapi sebuah kejujuran yang berpihak pada nilai-nilai yang benar dan pada kepentingan publik,” ujar pria kelahiran  7 Mei 1969 tersebut.

Orangtua dan para guru sebagai tenaga pendidik, menurut Rektor Universitas Paramida ini, harus mampu menunjukkan keteladanan dalam integritas diri mereka untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik.

Pada seminar tersebut, Anies juga mengusulkan perlunya kursus-kursus yang mendidik para orangtua untuk menjadi orangtua yang baik terlepas dari latar belakang pendidikan orang tua. “Kegiatan mendidik anak adalah pekerjaan orang tua. Paling tidak orang tua harus mengajarkan prinsip-prinsip utama pada anak mereka,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge