0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sukoharjo Terima 3 MCK Komunal dari Kemenpera

Peletakan batu pertama pembangunan MCK di Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo kembali menerima bantuan MCK komunal dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Bantuan MCK Komunal mulai di realisasikan di 2 titik di wilayah Desa Ngasinan, Kamis (26/9).

Kepala Desa Ngasinan Ibnu Wiyatno mengatakan, bantuan MCK Komunal dari Kemenpera diterima warga berupa material bahan bangunan dan DED. Sementara untuk pengerjaan pembangunan dilakukan dengan swadaya masyarakat.

Dua lokasi MCK (mandi, cuci, kakus) komunal ditempatkan di Dukuh Kedung Batang dan Dukuh Ngasinan. Pemilihan tempat dinilai strategis mengingat warga sekitar lokasi sangat membutuhkan MCK komunal tersebut). Dua titik di Desa Ngasinan menerima kucuran Rp 56 juta.

“Ini merupakan bantuan dari Kemenpera dalam program persediaan prasarana sarana utilitas umum untuk MCK. MCK dapat dimanfaatkan warga agar tidak buang air sembarangan. Selain itu lokasi diletakkan di dekat makan agar juga dapat dimanfaatkan oleh para peziarah ataupun ketika ada kepentingan di makam,“ ujar Kades Ngasinan usai peletakan batu pertama pembangunan MCK Komunal di Dukuh Kedungbatang.

Bagian Keuangan PT Lamdo Mulia Tama Fernandus Naiboro selaku pihak pelaksana menjelaskan, mekanisme anggaran pembangunan MCK berdasar dari pengajuan Pemerintah Desa. Permohonan kemudian ditindaklanjuti melalui pelaksana. Alokasi dana yang dikucurkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan harga material bahan bangunan.

“Kami mitra Kemenpera. Kami selaku pelaksana menindaklanjuti dengan menyalurkan dana sesuai kebutuhan. Tipe bangunan dari kami. Jika sudah dikirim material, baru dana dari Kemenpera cair,” ujar Fernandus.

Fernandus menambahkan, untuk bantuan MCK, ada 70 titik dialokasikan di Jawa Tengah. Untuk KabupatenSukoharjo, menerima tiga MCK,  yakni 2 di Desa Ngasinan (Bulu), dan 1 di Desa Kayuapak (Polokarto).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge