0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Weleh! Tukang Topeng Monyet bakal Ditangkapi

Atraksi topeng monyet (dok.timlo.net/aulia annisa)

Timlo.net — Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan melarang satwa liar untuk dijadikan sarana hiburan. Zulkifli bakal membuat peraturan tegas disertai sanksi agar kebijakan ini tak dilanggar.

“Ini baru pendapat, setiap menerima hal baru kita akan sosialisasikan terlebih dahulu. Monyet keliling dijadikan hiburan dulu biasa, sekarang nggak boleh lagi, kita kasih peringatkan sekali, dua kali, sampai tiga, kalau nggak didengar kita tangkap,” katanya usai acara penandatangan kerja sama dengan Kopassus, di Cijantung, Kamis (26/9).

Zulkifli mengatakan, untuk merealisasikan hal ini, Kementerian Kehutanan akan melakukan kerjasama baik dengan kepolisian maupun pemerintah daerah di Indonesia.

“Nanti akan masuk UU Kehutanan. Untuk itu kami himbau kepada masyarakat agar melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian atau pemda setempat. Nggak mungkin semua menteri kehutanan,” katanya.

Terkait masih banyaknya perburuan satwa liar, Zulkifli justru mengklaim kasus itu mulai berkurang karena pihaknya selalu mewaspadai dan menjaga ketertiban satwa liar yang berada di dalam hutan.

“Dulu kebanggaan ngambil Gading Gajah, Harimau untuk dipajang. Sekarang ini zamannya sudah berbeda, oleh karena itu satwa punya hak azasi hewan. UU mengatakan jika ada yang terbukti membunuh atau memburu satwa liar akan dikenakan hukuman 5 tahun penjara,” tandasnya. [lia]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge