0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gotong 10 Pohon Curian, Dua Warga Diamankan

Petugas Polres Wonogiri memeriksa barang bukti ilegal logging di Mapolres setempat. (dok.timlo.net)

Wonogiri — Dua orang warga Pracimantoro, Wonogiri diamankan di Mapolres Wonogiri. Keduanya terlibat dalam pencurian 10 pohon mahoni di lokasi Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wonogiri wilayah hutan Pokoh, Sindukarto, Eromoko.

Kedua warga tersebut adalah Sriyanto (23) penduduk Dusun Ngulu Tengah RT 3/RW 8 Desa Pracimantoro dan Paiman (37) warga Dusun Godang RT 2/ RW 5 Desa Wonodadi. Informasi dari Polres Wonogiri, Kamis (26/9) menyebutkan, keduanya tertangkap pada hari Jumat (20/9) pekan kemarin.

“Kalau kejadiannya sendiri waktu musim hujan di hari Minggu tanggal 13 Januari, ” ujar Kasatreskrim Polres Wonogiri AKP Priyo Utomo.

Diceritakan Priyo, mewakili Kapolres AKBP Tanti Septiyani, keduanya saat kejadian dimintai tolong untuk mengangkut pohon mahoni curian. Caranya, diusung dari lokasi penebangan menuju pinggir jalan, supaya memudahkan untuk menaikkan ke atas truk. Jarak antara lokasi penebangan dengan pinggir jalan sekitar 5 sampai 10 meter.

“Keduanya hanya mengangkut pohon, pihak yang menebang ada sendiri, saat ini masih buron. Mereka menangangkut pada malam hari. Rencananya, sekalian menunggu truk pembawa kayu datang mengambil,” lanjutnya.

Sayang, truk yang ditunggu tak kunjung datang, akhirnya mereka semua memilih pulang. Dan keesokan harinya, mandor hutan ketika berpatroli mendapati adanya tumpukan kayu mahoni di pinggir jalan. Mandor selanjutnya melapor ke pihak kepolisian.

“Dari lidik yang kami lakukan, akhirnya berhasil menangkap mereka di kediamannya masing-masing. Sementara, barang bukti berupa kayu mahoni yang telah dipotong-potong menjadi 19 buah dengan ukuran panjang antara 2 sampai 3 meter dan diameter sekitar 12 hingga 23 sentimeter, kami amankan pula di Mapolres bersama keduanya,” tambahnya.

Disinggung soal ancaman yang akan dijeratkan terhadap keduanya, Priyo mengaku memakai UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Pelanggaran atas regulasi ini adalah hukuman pidana maksimal 10 tahun penjara.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge