0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pusaka Pemberian Pangeran Diponegoro Terawat di Jebres

Pusaka milik Ki Demang Joyo Mustapa pemberian Pangeran Diponegoro yang dikirab di Jebres. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Bagi warga Jebres, Solo, sosok Ki Demang Joyo Mustapa dikenal sebagai cikal bakal kawasan tersebut. Bahkan sejumlah pusaka bersejarah peninggalannya pun hingga kini masih dirawat di kampung ini.

Ki Demang Joyo Mustapa merupakan salah seorang panglima perang telik sandi (mata-mata) yang hidup sekitar tahun 1827 saat meledaknya perang Diponegoro melawan penjajah. Beliau mendapatkan mandat untuk mengawasi pergerakan pasukan penjajah dari kawasan Jebres. Dipilihnya kawasan tersebut karena memiliki dataran yang lebih tinggi dari kawan lain yang berada di Kota Solo.

“Di bawah perintah Pangeran Diponegoro saat pemerintahan Pakubuwono (PB) VI, beliau mengamati pergerakan penjajah kompeni Belanda untuk menyusun strategi perang gerilya yang dilancarkan oleh Diponegoro,” terang Ketua Panitia Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres, Joko Prasetyo kepada Wartawan, Rabu (25/9) Sore.

Pria yang juga menjadi sesepuh dikawasan Jebres tersebut juga mengatakan, tak hanya kecerdikannya saja, Ki Deman Joyo Mustopo juga terkenal dengan kelincahan dan keakuratan memberikan informasi kepada Pangeran Diponegoro. Sehingga, selalu memenangkan tiap perang gerilya yang dilancarkan.

Atas jasanya tersebut, Pangeran Diponegoro memberikan sebuah kuda tunggangan bernama Sampar Angin yang memiliki kecepatan diatas kuda rata-rata. Pusaka bernama Keris Segara Muncar dan Tombak Kyai Joko Sengoro juga dihadiahkan kepada Ki Demang Joyo Mustopo. Hingga saat ini peninggalan beliau tersebut masih terawat dan dalam kegiatan kirab tersebut juga turut diarak.

“Peninggalan beliau sampai saat ini masih kita lestarikan, diantaranya Pekak (kendali kuda) Sampar Angin, Tombak Kyai Joko Sengoro dan Keris Segara Muncar. Diharapkan melalui kirab ini, masyarakat tergugah kembali akan sejarah tempat tinggal mereka dan memiliki kebanggaan untuk terus melestarikannya,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge