0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

36 Laskar Ikut Kirab Babadan Kademangan Jebres

Kirab Babadan Kademangan Jebres di Kelurahan Jebres. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Ratusan warga Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo memeriahkan Kirab Budaya Babadan Kademangan Jebres, Rabu (25/9). Kirab yang diikuti ratusan warga yang tergabung kedalam 36 laskar (kelompok) tersebut memamerkan potensi daerah yang tumbuh di kawasan Jebres.

“Sengaja kita gelar kirab ini untuk pertama kali. Untuk mengingatkan legenda kelurahan Jebres kepada masyarakat,” ucap Lurah Jebres Ari Dwiatmoko sesaat sebelum kirab diberangkatkan, Rabu (25/9) sore.

Dijelaskan, kirab yang menyusuri Jalan Ki Hajar Dewantara atau tepatnya di utara kampus UNS tersebut mengusung sosok Ki Demang Joyo Mustapa. Sosok tersebut merupakan salah seorang panglima telik sandi (mata-mata) pada jaman perang Diponegoro di bawah pemerintahan Pakubuwono (PB) VI.

“Kita mengangkat sosok tersebut agar masyarakat mengenalnya. Dari beliaulah, sejarah kawasan Jebres ini lahir dan terkenal di Kota Surakarta,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kirab Budaya Babab Kademangan Jebres, Joko Prasetyo mengungkapkan kirab yang dimeriahkan oleh seluruh RW dilingkungan Jebres tersebut untuk mengenalkan seluruh potensi yang ada di kawasan Jebres. Tak hanya tradisi dan budaya semata, namun juga menggabungkannya dengan sejumlah kesenian yang tumbuh dikawasan tersebut, seperti Reog, Barongsai, Wayang dan Kelompok Kesenian Musik Jawa.

“Melalui kirab ini kita juga ingin mengenalkan potensi wisata dan budaya yang berkembang dikawasan Jebres,” paparnya.

Kirab yang dimulai tepat pukul 16.30 tersebut diawali dengan barisan Paskibraka, Artefak Pusaka, Reog, Hasil Bumi, Wayang Raksasa dan masih banyak yang lain.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat gotong royong dalam masyarakat kelurahan Jebres. Pasalnya, semangat tersebut merupakan modal untuk membangun dan membesarkan Kota Solo kedepan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge