0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Gunung Lawu Terbakar

Jalur pendakian ke Gunung Lawu, di Cemoro Kandang (dok.timlo.net/gading rini)

Karanganyar — Kebakaran hutan kembali melanda Gunung Lawu tepatnya di petak 63 F Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglerak, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso pada Selasa (24/9) sekitar pukul 22.00 WIB. Sedikitnya tiga hektare hutan habis terbakar dan kemungkinan akan meluas.

Kebakaran hutan diketahui kali pertama oleh warga setempat yang langsung dilaporkan ke Polsek Ngargoyoso dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar. Tim gabungan yang terdiri dari petugas Perum Perhutani sukarelawan BPBD Karanganyar, Anak Gunung Lawu (AGL), SAR Karanganyar langsung menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru K mengatakan, area hutan yang terbakar merupakan lokasi yang kerap dilalap si jago merah saat musim kemarau. Proses pemadaman terkendala medan yang cukup berat lantaran lokasi kebakaran berada di tebing perbukitan.

“Tim gabungan masih berada di lokasi kejadian untuk memadamkan kebakaran dengan mengisolasi kobaran api,” katanya kepada wartawan, Rabu (25/9).

Kobaran api cepat merambat lantaran dipengaruhi pergerakan angin gunung. Apalagi kondisi tanaman di lokasi kebakaran kering sehingga mudah terbakar.

Proses pemadaman menggunakan metode manual dengan membuat parit mengelilingi lokasi kebakaran. Sehingga kobaran api tak merambat ke wilayah hutan lainnya.

Tim gabungan memprioritaskan jaringan pipa air yang memasok air bersih ke permukiman penduduk atau lahan persawahan.

“Kobaran api cepat merambat karena dipengaruhi pergerakan angin. Karena itu, tim gabungan langsung mengisolasi kebakaran dengan membuat parit berukuran kecil,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge