0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bank Pacu Transaksi Elektronik di Angkutan Umum

KARTU MANDIRI PRABAYAR-Model menunjukkan Kartu Mandiri Prabayar yang bisa digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan, di antaranya layanan bus Batik Solo Trans (BST) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Sejumlah lembaga perbankan di Kota Solo terus memacu layanan transaksi elektronik di atas angkutan umum.

Sebagaimana yang dilakukan Bank Mandiri Cabang Solo, guna meningkatkan penggunaan Kartu Mandiri Prabayar, bank pelat merah ini sudah menyiapkan rencana untuk menggeber program diskon.

Area manager bank setempat, Hendra Wahyudi, mengatakan program tersebut rencananya akan digelar dalam waktu dekat. Tidak menutup kemungkinan nantinya manajemen bank akan kembali meluncurkan program diskon 50 persen bagi penumpang Batik Solo Trans (BST).

“Kami mau bikin program diskon naik bus (BST) lagi kayak kemarin. Waktu itu, Mandiri pernah bikin program diskon 50 persen. Tinggal tunggu waktu saja,” ujarnya, saat ditemui wartawan, seusai menghadiri acara BUMN Marketers Club, di Kantor Telkom Solo, Selasa (24/9).

Program diskon seperti ini, diakui memang cukup efektif mendongkrak transaksi elektronik di atas angkutan umum. Bahkan menurut Hendra Wahyudi, saat program diskon 50 persen diterapkan, penggunaan Kartu Mandiri Prabayar naik sepuluh kali lipat dari sebelumnya.

“Pas ada event (program diskon-red), biasanya lonjakannya luar biasa. Bisa sepuluh kali lipat dari biasanya,” kata dia.

Selain Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk juga terus berupaya mengerek layanan transaksi elektronik di atas angkutan umum. Berbeda dengan Bank Mandiri yang hanya menyasar penumpang BST, bank milik pemerintah tersebut juga mencoba mengakomodasi penumpang Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) dengan Kartu Intermoda.

Hal itu dirasa penting dilakukan, pasalnya menurut Branch Manager BNI Solo, Syarif Sagap, saat ini jumlah pengguna Kartu Intermoda masih relatif kecil. Hanya saja untuk menggenjot layanan transaksi elektronik di BST saat ini masih terkendala teknis. Mengingat mesin yang digunakan untuk transaksi seringkali tak berfungsi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge