0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rumah Arca Boyolali Bocor, Ratusan Arca Terancam Rusak

Rumah Arca Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Ratusan arca di rumah arca Taman Kota Sonokridanggo Boyolali Kota terancam rusak akibat terkena tetesan air hujan dari atap yang bocor. Untuk melindungi kerusakan akibat tetesan air hujan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mulai melakukan rehab rumah arca.

Menurut Iskandar, koordinator rumah arca Sonokridanggo, Boyolali mengatakan, rehab mulai dilaksanakan. Rehab di bagian atap, diantaranya perbaikan krepus dan pengecatan genteng.

“Jika arca dibiarkan terkena rembesan air hujan, nanti akan rusak terkena jamur, mumpun ini kemarau, kita perbaiki yang rusak untuk melindungi arca dari kerusakan,” ujar Giyanto saat ditemui di rumah arca Sonokridanggo, Rabu (25/9).

Dijelaskan, pihaknya tidak mengetahui persis kapan perbaikan selesai dilaksanakan. Sebab pelaksanaannya melibatkan pihak ketiga. Sedangkan dari informasi yang didapatkan, dana perbaikan sekitar Rp6 juta. Anggaran berasal dari APBN melalui BPCB.

Rumah arca di Taman Sonokridanggo dibangun tahun 1990. Sebelumnya, temuan benda purbakala disimpan di gedung Pemuda di kawasan Siswodipuran, Boyolali Kota. Kala itu, benda cagar budaya hasil temuan dikumpulkan, didata dan diinventarisasi. Rumah arca menyimpan sekitar 225 arca purbakala dari seluruh Kecamatan di Boyolali. Rata rata arca merupakan peninggalan zaman Hindu dan Budha atau berumur sekitar 700 tahun yang lalu.

Di antaranya arca Yoni yang melambangkan kesuburan wanita dan Lingga yang melambangkan kejantanan pria, serta arca Budha dan Ganesha. Sebagian kondisi arca memang sudah rusak ketika pertama kali ditemukan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge