0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Pelajar Tewas Kecelakaan Lalu Lintas di Wonogiri

Seorang pelajar tengah mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Sedikitnya 10 pelajar tewas dalam 115 kasus kecelakaan lalu-lintas (lakalantas) di wilayah hukum Polres Wonogiri. Angka tersebut merupakan akumulasi di tahun 2013 hingga bulan Agustus. Pihak Polres Wonogiri pun aktif menggencarkan tindakan preventif.

Dari angka 115 kasus tersebut, sebanyak 102 pelajar mengalami luka ringan. Sedang 3 lainnya luka berat. Sementara total jenderal kasus lakalantas mencapai 436 dengan 49 orang tewas, 5 luka berat dan 382 luka ringan.

“Penyebab kecelakaan di Wonogiri ini ada 3. Yakni faktor kendaraan, perilaku pengendara dan kondisi jalan. Khusus para pelajar saat ini kami tekankan untuk mengantisipasinya melalui serangkaian kegiatan,” ujar Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Sugiyatmo melalui Kanit Laka Iptu Subroto, Rabu (25/9).

Kegiatan yang dilaksanakan Polres, disebutkan Subroto, di antaranya mengadakan sosialisasi dan himbauan. Hal ini dibarengkan saat menjadi inspektur upacara (Irup) di sejumlah sekolah.

“Perlu pula kami himbau kepada pelajar untuk tidak melakukan modifikasi motor tanpa mengindahkan keselamatan berkendara atau safety riding. Silahkan memodifikasi kendaraan, tapi harus tetap mengikuti kaidah keselamatan dan fungsi yang benar. Ban jangan diganti ukuran kecil, knalpot tidak boleh memekakkan telingan, spion dan lampu harus dipasang,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri Siswanto mendukung upaya Polres dalam mengantisipasi kasus laka di kalangan pelajar. Ketika ada razia terhadap kendaraan pelajar, hal itu mutlak wewenang kepolisian. Pihaknya juga akan melakukan pengarahan kepada pelajar melalui sekolah dan guru.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge