0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pedagang Elang Laut, Landak, dan Burung Kuntul Ditertibkan

Solo — Dua hari ini, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Surakarta gencar menggelar operasi yustisi penertiban kepemilikan tumbuhan dan satwa yang dilindungi, Senin-Rabu (23-25/9). Dari penertiban ini, petugas menyita sejumlah hewan dari beberapa tempat.

Kasi Wilayah Surakarta BKSDA, Johan Setiawan mengatakan, selain untuk menertibkan kepemilikan satwa dilindungi dan tidak memiliki izin resmi, operasi ini juga merupakan salah satu upaya untuk melindungi satwa dari penjualan ilegal.
Sejumlah tempat di datangi dalam penertiban ini, di antaranya Agrowisata Sondokoro, Kantor Kecamatan Kartasura, dan Pasar Depok.

“Pihak Sondokoro itu belum mengantongi izin, jadi kami sita satwa yang ada di sana, sampai proses pengurusan izin selesai,” terang Johan.

Lebih lanjut Johan menuturkan, pihaknya juga menyisir kawasan Pasar Burung Depok Solo. Di pasar tersebut, pihaknya mendapati pedagang yang memperjual-belikan satwa yang dilindungi.

“Di pasar Depok kami mendapati ada seorang pedagang yang tertangkap tangan memperdagangkan Elang Laut, Landak, Burung Kuntul, dan Burung Pecok Ular,” ujarnya.

Untuk mengevakuasi satwa-satwa ini, lanjut Johan, BKSDA bekerjasama dengan Taman Safari Divisi kota Batang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge