0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua DPRD: Rusunawa Kerkov Harus Segera Dihuni

Ketua DPRD Solo YF Sukasno melakukan Sidak ke Rusunawa Kerkov, Jebres (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) untuk merelokasi warga hunian di sekitar Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Kerkov, Purwodiningratan, Jebres mendapat tanggapan positif kalangan DPRD Solo. Upaya relokasi perlu segera dilakukan agar Rusunawa Kerkov bisa segera ditempati.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, YF Sukasno membenarkan adanya anggaran untuk relokasi warga hunian sekitar Rusunawa Kerkov dalam APBD Perubahan 2013. Pihaknya meminta dinas terkait untuk segera berkoordinasi dengan warga hunian liar di sekitar rusunawa perihal rencana relokasi.

“Memang anggarannya teralokasikan di APBD Perubahan. Dengan demikian dinas terkait segera koordinasi dengan warga di sekitar Rusunawa Kerkov sehingga Rusunawa Kerkov juga bisa segera dihuni,” katanya kepada wartawan, Rabu (25/9) di gedung dewan.

Disampaikan, salah satu penyebab belum ditempatinya Rusunawa Kerkov lantaran masih adanya warga hunian liar di sekitar rusunawa. Padahal, banyak warga calon penghuni rusunawa yang sudah ingin menempati rusunawa tersebut.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Supriyanto mengatakan anggaran relokasi warga hunian liar di sekitar Rusunawa Kerkov masuk dalam anggaran hibah senilai Rp 900 juta. Mekanisme pencairan hibah tersebut melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). “Asumsinya warga penerima hibah (WBP) menerima Rp 20, 5 juta. Tetapi itu belum final,” katanya.

Lebih lanjut, Supriyanto menjelaskan, warga yang nantinya sudah menerima uang ganti rugi (kompensasi) tidak boleh menempati Rusunawa Kerkov. Hal ini lantaran warga memilih opsi untuk mendapat ganti rugi daripada opsi menempati Rusunawa dengan keringanan sewa selama beberapa bulan.

“Logikanya ya sudah mendapat uang ya tidak boleh masuk Rusunawa. Hal ini untuk memberikan kesempatan warga lain untuk masuk Rusunawa. Makanya UPTD Rusunawa harus dilibatkan,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge