0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amien Rais: Pak Jokowi Orangnya Baik, Ketawa-ketawa

Amien Rais (dok.timlo.net/agung)

Timlo.net — Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengingatkan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) sudah disumpah jadi gubernur selama lima tahun. Menurut Amien, Jokowi harus mengabdi selama 5 tahun terlebih dahulu kepada warga Jakarta, baru maju ke capres.

“Dia (Jokowi) kan disumpah untuk lima tahun (sebagai Gubernur DKI Jakarta). Untuk mengatasi kemacetan, banjir, kekumuhan, dan lain-lain yang dihadapi masyarakat Jakarta,” katanya di Semarang seperti dilansir Antara, Selasa (24/9) kemarin.

Menurut mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu, pengalaman Jokowi harus diasah sebagai gubernur di DKI Jakarta dulu, baru bisa naik ‘peringkat’ jadi calon presiden.

Dalam perpolitikan ada fatsunnya, atau etika berpolitik yang harus ditaati, termasuk berkaitan dengan Jokowi yang sudah disumpah untuk menyelesaikan berbagai problem di Jakarta selama lima tahun.

“Jokowi orangnya baik, ketawa-ketawa, suka blusukan, makan gado-gado dengan tukang becak, merakyat, masuk got kemudian keluar lagi, melewati jembatan berayun-ayun, dan sebagainya,” kata Amien.

Pribadi Jokowi yang merakyat itu memang membuat warga terenyuh, tambah Amien, tetapi dirinya mengingatkan masyarakat bahwa untuk memilih ‘Lurah Indonesia’ tidak boleh hanya karena popularitas.

“Dulu, Joseph Estrada (mantan Presiden Filipina) juga dipilih mutlak. Dia kan bintang film Filipina. Setiap sore, masyarakat melihat filmnya, dikeroyok tujuh orang menang, ditembak tidak pernah kena,” katanya.

Karena ketenarannya lewat film-filmnya itu, kata dia, masyarakat Filipina melihatnya sebagai sosok yang bisa mengatasi masalah sehingga kemudian terpilih sebagai Presiden Filipina.

“Masyarakat Filipina melihat Joseph Estrada ketika itu sebagai ‘The Hero of Filipina’. Namun, kurang dari sembilan bulan menjabat ternyata dia (Joseph Estrada) sudah mendapat ‘impeachment‘ (pemakzulan),” katanya.

Memang, kata Amien, Pak Jokowi orangnya baik dan tidak separah Joseph Estrada, tetapi untuk memahami persoalan bangsa yang luas dengan menjadi capres, sebaiknya ‘jam terbangnya’ diasah menjadi gubernur dulu. [ded]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge