0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Fosil Manusia Purba Dipamerkan di Graha Soloraya

Salahs atu fosil purbakala yang dipamerkan di Graha Soloraya (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Puluhan koleksi benda-benda purbakala berupa fosil dan artefak peninggalan manusia pra-sejarah dipamerkandi Graha Soloraya. Fosil-fosil tersebut didatangkan dari Museum Purbakala Sangiran, Sragen.

Kepala Pusat Arkeologi Nasional Bambang Sulistyanto mengungkapkan, pameran yang berlangsung hingga 9 Oktober mendatang tersebut dijadikan sebagai sarana edukasi pada masyarakat terkait pentingnya nilai sejarah peradaban manusia dari jaman purbakala hingga sekarang ini. Termasuk, memberikan penghargaan atas nilai-nilai sejarah dari benda-benda purbakala tersebut.

“Berhadapan dengan masyarakat yang awam arkeolog, menghindari bahasa yang kaku dan memusingkan. Tugas masyarakat supaya menjaga warisan budaya,” katanya kepada wartawan, Rabu (25/9).

Sejumlah fosil manusia purba dari jaman Megalithicum, fosil tulang hewan dari jaman yang sama terpampang dalam ruang pamer di salah satu ruangan. Masyarakat bisa melihat jenis-jenis koleksi dan keterangan-keterangan yang menyertainya. Termasuk, darimana asal koleksi-koleksi tersebut ditemukan.

“Banyak, seperti tengkorak manusia purba, rahang atas buaya, tanduk banteng dan sebagainya,” kata Kasi Pemanfaatan dan Publikasi Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Gunawan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge