0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

254 Siswa SD di Solo Ikut Diklat Dokter Kecil

Solo —  Sebanyak 254 siswa berasal dari 11 SD mengikuti pendidikan dan pelatihan dokter kecil selama sehari di aula SD Kalam Kudus Solo. Ke 11 SD tersebut adalah SDN Manahan, SD Kalam Kudus, Focus Independent School, SD Islam Al Fattah, SD Muhammadiyah 20, SD Kristen Manahan, SDN Mangkubumen 63, SD Yosodipuro, SD Pangudi Luhur, SDN Purworejo dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Diklat dokter kecil hanya diikuti siswa kelas IV dan V dari masing-masing sekolah,” jelas Ketua Panitia Diklat Dokter Kecil, Warsito Adnan saat ditemui wartawan, di Solo, Selasa (24/9).

Warsito mengatakan, selama satu hari, anak-anak mengikuti diklat dokter kecil se-wilayah Puskesmas Manahan Solo, untuk selanjutnya nanti mereka mengikuti diklat di tingkat kota. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahun.

Selama diklat satu hari, para dokter kecil mendapatkan materi seputar kesehatan dari dokter Puskesmas Manahan dan guru UKS senior. Materi yang diberikan di antaranya mengenai kesehatan gigi, mulut, mata, THT(telinga, hidung, tenggorokan), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), dan lainnya. Sebagai hiburan, di akhir kegiatan diklat digelar lomba cepat tepat (LCT) dengan materi dasar pengetahuan kesehatan.

“Tidak semua siswa dapat menjadi dokter kecil. Selain berprestasi, siswa calon dokter kecil juga harus memiliki sikap yang baik, dan sehat jasmani rohani. Mereka akan menjadi duta kesehatan yang menjadi panutan bagi teman-temannya di sekolah,” jelas Ketua Badan Koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Wilayah Manahan Solo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge