0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Salep Kaki Ini Diklaim Bisa Basmi Virus HIV

Ciclopirox. (Dok: Timlo.net/ CNET)

Timlo.net — Sebuah salep yang umum dipakai oleh para ahli penyakit kulit untuk merawat jamur kuku ternyata memiliki kemampuan untuk membasmi HIV/AIDS. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Rutgers New Jersey Medical School, Amerika Serikat (AS) salep yang bernama Ciclopirox ini tidak hanya membasmi HIV dari kultur sel, tapi juga membuat virus tersebut tidak bisa kembali lagi sekalipun penggunaan salep dihentikan.

Dalam penelitian itu, Cilcopirox yang telah diterima oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika yaitu FDA dan Eropa yaitu EMA menghambat kultur HIV. Selain itu salep ini juga memblok fungsi dasar mitokondria yang membuat sel-sel HIV melakukan bunuh diri tanpa merusak sel-sel sehat.

Salah satu aspek yang membuat HIV susah ditangani adalah sekalipun virus ini diberikan perawatan anti virus yang kuat, mereka bisa menghentikan tindakan bunuh diri yang dilakukan sel-sel bila terinfeksi. Biasanya sel-sel dalam tubuh manusia akan menghancurkan diri sendiri bila terinfeksi. Tindakan ini dilakukan supaya sel-sel sehat lainnya tidak terganggu.

Namun, tulis CNET, salep ini belum diuji coba pada manusia untuk melihat apakah Ciclopriox aman dan manjur bila digunakan sebagai obat untuk menangani HIV pada manusia.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge