0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angka Gepeng Tinggi Panti Rehabilitasi Sukoharjo Mbludak

Sukoharjo — Tingginya jumlah gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Sukoharjo, membuat kondisi sejumlah Panti rehabilitasi sosial di wilayah Sukoharjo membludak. Sejumlah panti rehabilitasi diketahui mengalami overload, terlebih tenaga pengasuh yang berada di panti juga sangat terbatas.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemkab Sukoharjo Sarmedi mengatakan, ada 12 panti rehabilitasi yang berada di wilayah Sukoharjo. Satu panti rehabilitasi merupakan milik pemerintah, sementara 11 lainnya adalah milik swasta. 12 panti tersebut kini terus dipantau oleh dinas sosial.

“Tenaga di setiap panti itu memang terbatas. Jadi harus bisa membagi waktu agar penanganan terhadap penghuni panti juga bisa maksimal,” ujar Sarmedi.

Penghuni panti rehabilitasi terdiri dari usia muda hingga tua. Baik gelandangan, pengemis, anak terlntar, nhingga difabel semua di tangani dan diberikan pembinaan di panti. Pihaknya menjamin, pelayanan panti rehabilitasi berjalan maksimal. Pemkab Sukoharjo terus berupaya untuk menangani kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk terus memberikan bantuan kepada pengelola panti.

Pemkab Sukoharjo juga telah membentuk tim rehabilitasi bersumberdaya masyarakat sebagai langkah menekan tingginya angka gepeng di Sukoharjo. Di panti rehabilitasi, penghuni diberikan berbagai keterampilan seperti menjahit, memasak, elektronik dan pelajaran lainnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge