0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dam Colo Ditutup, Dispertan Imbau Petani Tanam Palawija untuk Samentara

Dam Colo, Kecamatan Nguter Sukoharjo (Dok. Timlo. net/ Sahid)

Sukoharjo — Petani di wilayah Sukoharjo diimbau untuk tidak menanam padi terlebih dahulu menyusul jadwal penutupan irigasi Dam colo setiap bulan Oktober. Penutupan saluran irigasi tersebut sebagai rehabilitasi dan perbaikan saluran irigasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo Giyarti mengatakan, petani dapat merubah pola tanam untuk sementara menjadi menanam palawija. Ketela, kedelai dan tanaman palawija lain, masih bisa di budidayakan dengan tidak memerlukan air yang banyak.

“Petani bisa beralih untuk sementara menanm palawija. Palawija tidak memerlukan air banyak, sehingga bisa di tanam pada saat irigasi ditutup,” ujar giyarti.

Selain untuk mensiasati kerugian jika tetap menanam padi karena dikhawatirkan akan gagal menyusul berhentinya irigasi, perubahan pola tanam sementara menjadi menanam palawija juga sangat efektif untuk memutus siklus hama.

“salah satu upaya memutus siklus hama adalah dengan berhenti menanam padi. Sehingga hama seperti wereng tidak mendapat makanan. Sehingga siklusnya terputus. Dilanjutkan dengan pola tanam serentak,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge