0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peringati Hari Tani

Mahasiswa UMS: Basmi Setan Petani!

Mahasiswa UMS menggelar aksi dalam rangka memperingati Hari Tani, Selasa (24/9) (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Memperingati Hari Tani Nasional, Selasa (24/9), sejumlah mahasiswa UMS menggelar aksi unjuk rasa di depan Kampus UMS  Jl Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.  Aksi diawali dengan longmarch dari Kampus II UMS.

Sejumlah mahasiswa di barisan depan membawa satu huruf besar yang membentuk satu formasi tulisan “BASMI SETAN PETANI”. Aksi tersebut sempat memcetkan arus lalu lintas Yogya –Solo, karena mahasiwa sempat menduduki badan jalan.

Dalam orasinya, mahasiswa mengkritisi tidak berpihaknya pemerintah kepada golongan petani. Menurut mahasiswa, pemerintah hanya memikirkan kebijakan perdagangan bebas yang sebenarnya membuat petani semakin kritis.

“Contohnya jelas, impor daging sapi. Pemerintah sudah kong kalikong untuk kepentingan pribadi. Sementara petani, produk pertanian dari luar semakin membanjiri bahkan ketika petani di dalam negeri panen raya,” kata Mahfud, koordinator aksi.

Mahasiswa menuntut pemerintah menghentikan alih fungsi lahan pertanian serta menyelesaikan konflik agrarian. Pemerintah juga diminta bertindak tegas menghentikan intimidasi terhadap petani serta para aktivis petani.

“Pemerintah harus menghentikan impor produk pertanian dan mengevaluasi sistem perdagangan bebas. Produk-produk petani dalam negeri harus dilindungi,” tegasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge