0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Serangan Kera, Warga Diimbau Pelihara Anjing

Kera dari gunung yang mulai turun di pemukiman warga Kecamatan Bulu, Sukoharjo (Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto)

Sukoharjo – Menanggapi serangan kera liar di Kecamatan Bulu, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Sukoharjo menghimbau kepada warga masyarakat untuk memelihara anak anjing. Pasalnya menurut BPBD, anak anjing diyakini efektif untuk mengusir kera-kera liar.

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto mengatakan, harga anak anjing relatif dapat dijangkau oleh masyarakat. Harganya tidak terlalu mahal sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per ekornya. Upaya menakuti kera dengan memelihara anak anjing diyakini akan efektif.

“Kami imbau kepada warga yang rumahnya disambangi kera untuk memelihara anak anjing. Anjing dapat menakuti kera. Itu cara efektif yang bias ditempuh dan dijangkau warga.,” ujar Suprapto, Selasa (24/9).

Sementara untuk jangka panjang, BPBD siap membantu upaya yang dilakukan Dinas Pertanian untuk mengendalikan populasi kera-kera liar di wilayah pegunungan batu seribu.

“Sebenarnya untuk urusan itu leading sector-nya adalah Dinas Pertanian. Kalau kami di BPBD siap membantu apapun yang bias kami upayakan,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge