0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hujan Interupsi, Ruhut Sitompul Gagal Jadi Ketua Komisi III DPR

Ruhut Sitompul, politisi Partai Demokrat (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Rapat pleno Komisi III DPR akhirnya memutuskan untuk menunda penetapan Ruhut Sitompul sebagai ketua komisi hukum. Hal ini dilakukan untuk menghindari mekanisme voting yang tak pernah terjadi di DPR.

Menanggapi hal tersebut, Ruhut pun mengaku pasrah atas ditundanya dirinya menjabat sebagai ketua menggantikan koleganya Gede Pasek Suardika. Ruhut menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan Partai Demokrat sebagai atasannya.

“Aku sudah berterima kasih pada Pak Priyo, akhirnya kita semua sadar. Kita negara hukum, di kedepankan. Akan dikembalikan ke sana, kalau nanti fraksi memilih aku atau yang lain, akan dijalani mekanismenya,” jelas Ruhut di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9).

Ruhut pun tak merasa dirugikan atas kejadian penolakan yang dilakukan oleh sejumlah anggota Komisi III DPR. Dia bahkan merasa kejadian ini menguntungkan dirinya.

“Aku malah tambah terkenal, kita kan lembaga politik mengalir saja,” imbuhnya.

Ruhut pun berusaha berpikir positif terkait diundurnya pelantikan sebagai ketua komisi hukum. “Mungkin ya aku tidak komisi III tapi dapat jabatan yang lebih tinggi lagi,” tambah dia.

Dia menilai, jika penolakan yang dilakukan dalam rapat pleno hanya beberapa orang. Sementara, kata dia, jumlah anggota Komisi III mencapai 54 orang.

“Kalau penolakan, nama-nama yang itu saja, enggak lebih dari 5,6,7 orang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso yang memimpin langsung rapat pleno pelantikan ketua Komisi III DPR, memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada pimpinan Fraksi Demokrat terkait sosok siapa yang pantas menjabat sebagai ketua. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontroversi dan mekanisme voting dalam pengambilan keputusan di rapat pleno tersebut.

Fraksi Partai Hanura dan Fraksi Partai Gerindra menolak dengan tegas penunjukan Ruhut sebagai ketua komisi III. Bahkan, sidang pleno sempat berjalan tidak kondusif karena dihujani interupsi yang pro dan kontra terhadap pelantikan Ruhut. [bal]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge