0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sebarkan Virus Gerakan Masyarakat Mengajar

Gerakan Solo Mengajar. (Dok: Timlo.net/ Istimewa)

Solo — Kerinduan untuk meneruskan komitmen untuk terlibat dalam dunia pendidikan dan menyebarkan “virus” mengajar seolah tak pernah berhenti. Usai menggelar program Kelas Inspirasi yang melibatkan para profesional di seluruh Indonesia beberapa waktu silam, kini mereka  terus mengembangkan program-program yang lain yang lebih progresif. Salah satu program yang mereka pilih adalah Gerakan Masyarakat Mengajar.

“Gerakan ini mempunyai semangat untuk menularkan ‘virus’ mengajar kepada masyarakat di wilayah Solo,” jelas Gentur Yoga Pati, Direktur Eksekutif Solo Mengajar, mellaui rilis yang diterima Timlo.net, Selasa (24/9).

Menurutnya, masyarakat sesungguhnya ingin terlibat dalam dunia pendidikan, bukan hanya para pendidik semata. Namun, sambung Yoga, berbagai profesi yang ada di masyarakat mempunyai kerinduan untuk menyumbangkan kemampuannya ikut mengajar, terutama untuk mengajar anak-anak sekolah dasar.

Guna mempercepat “virus” mengajar inilah, Solo Mengajar sengaja melakukan perekrutan volunteer (para relawan) untuk disebar di beberapa lokasi pengabdian mereka. “Untuk angkatan baru yaitu angkatan ke-6 ini, setidaknya tersaring sekitar 70 relawan yang lolos tes dan wawancara. Kelak usai dilantik dalam Seminar Gerakan Mengajar yang digelar hari Kamis, 26 September di Gedung F FKIP UNS, para relawan ini langsung diterjunkan di beberapa wilayah pengabdian seperti di Taman Cerdas yang tersebar di Solo,” papar Yoga.

Namun untuk tahun ini, sambung Yoga, tak hanya Taman Cerdas yang menjadi wilayah pengabdian relawan-relawan ini, Solo Mengajar juga mewujudkan program Rumah Mengajar. Rumah Mengajar dilahirkan sebagai wujud nyata menyebarkan “virus” Gerakan Masyarakat Mengajar.

Rumah Mengajar diharapkan bisa muncul di setiap kampung di Kota Solo. Dan saat ini Rumah Mengajar yang kali pertama dibentuk adalah Rumah Mengajar Banyuagung. “Begitu Rumah Mengajar kami launching, langsung banyak respons positif dari masyarakat daerah lain agar di kampungnya juga dibentuk Rumah Mengajar,” kata Yoga.

Yoga mengajak masyarakat dan mahasiswa yang ingin terlibat lebih jauh untuk menyumbangkan kemampuannya, untuk bisa mengikuti Seminar Gerakan Mengajar yang digelar pada hari Kamis, 26 September 2013, pukul 8:00 WIB di Gedung F FKIP UNS, Solo. Akan hadir sebagai pembicara, Pemrakarsa Indonesia Mengajar, Anies Baswedan. Dilanjutkan dengan pelantikan volunteer angkatan ke-6 serta pemberian penghargaan tokoh-tokoh masyarakat yang dengan hati tergerak bergabung menyebarkan “virus” mengajar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge