0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Johar Alam: Indonesia Berpeluang Kuasai Internet Dunia

(Ilustrasi) internet (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Indonesia memiliki peluang untuk menguasai internet dunia setelah mencatat pertumbuhan yang mengesankan pada penetrasi dan volume trafik dalam sepuluh tahun terakhir, apalagi ditunjang dengan perkembangan teknologi seluler terkini.

Chairman PT Internetindo Data Centra (IDC), Johar Alam mengatakan pertumbuhan volume trafik internet dalam sepuluh tahun terakhir mencapai dua juta persen, dan pertumbuhan tertinggi dicatat dalam setahun terakhir.

“Dengan tingkat penetrasi internet hanya 22 persen dan GDP nomor 16 di dunia, ternyata Indonesia merupakan negara peringkat delapan dalam hal penggunaan dan pemanfaatan internet dan peringkat keempat pengguna seluler di dunia,” ujarnya, Selasa (24/9).

Dia mengungkapkan saat ini trafik tertinggi bandwidth sudah melebihi 100 Mbps di mana semuanya merupakan konten lokal, karena dihitung dari pertukaran internet di Indonesia.

Namun, tambah Johar, perkembangan teknologi seluler tak selalu meningkatkan kecepatan akses, karena data yang dilewatkan juga bertambah banyak, sehingga trafik bandwidth tidak begitu terdongkrak signifikan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi mengatakan pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 115 juta orang bila perhitungannya mencakup pengguna GPRS operator telekomunikasi.

“Akses social media menyumbang pengguna internet terbesar di Indonesia, karena saat ini Facebook misalnya, bukan hanya konsumsi orang kota, tapi juga sudah ke pedesaan,” katanya. [dzm]

Sumber: merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge