0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Telkom Pacu Revitalisasi Jaringan Kabel demi Internet Kencang

LAYANAN PELANGGAN-Suasana pelayanan pelanggan di Kantor Telkom Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – PT Telekomunikai Indonesia Tbk (Telkom) terus memacu revitalisasi jaringan kabel dari tembaga menjadi fiber optik demi mempercepat koneksi internet. Selain itu, upaya ini diharapkan mampu mendukung layanan komunikasi secara lebih optimal ke pelanggan.

Melalui program Fiber to The Home (FTTH), dikatakan Manager Customer Service Telkom Witel Solo, Raharjo, perseroan berencana menggelar jaringan fiber optik tidak hanya di seluruh jaringan backbone, namun hingga ke rumah pelanggan menggantikan kabel tembaga.

“Semua kabel tembaga mau kami ganti dengan fiber optik yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap,” katanya kepada wartawan, seusai menjadi pembicara dalam BUMN Marketers Club, di Kantor Telkom Solo, Selasa (24/9).

Kian tingginya kebutuhan layanan data menjadi alasan utama bagi PT Telkom indonesia Tbk meningkatkan kualitas jaringan. Oleh sebab itu, pihak perseroan berupaya mengoptimalkan akses internet pelanggan dengan memperbesar kapasitas bandwidth melalui fiber optik.

“Dengan program FTTH ini harapannya semua rumah bisa mengakses layanan Indihome (Indonesia Digital Home). Jadi pelanggan tidak hanya bisa telepon, tapi juga bisa mengakses Wi-Fi, TV kabel (UseeTV) dan home monitoring,” terang Raharjo.

Program penggantian kabel tembaga menjadi kabel optik sendiri diharapkan bisa kelar seluruhnya pada 2015 mendatang. Adapun hingga kini, menurut Raharjo sudah 55 persen dari pelanggan Telkom jaringan komunikasinya menggunakan fiber optik.

Selain ke pelanggan rumah tangga, pihak perseroan juga memrioritaskan penggantian kabel optik di lingkungan instansi pemerintah daerah (Pemda). Adapun hingga kini seluruh kantor Pemda di wilayah kerja Telkom Solo telah terakomodasi jaringan kabel optik.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge