0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, 6 Kesalahan Dosen dalam Proses Pembelajaran

Dra Ishartiwi MPd, dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat tampil pada workshop di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo. (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Untuk terus meningkatkan mutu lulusan, selain mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana fasilitas pembelajaran, juga perlu meningkatkan kualitas mutu pembelajaran. Salah satu kunci dalam meningkatan mutu ada di tangan dosen.

“Dosen merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran dan memegang peran strategis dalam melahirkan lulusan-lulusan yang kompeten dan profesional,” jelas Dra Ishartiwi MPd, dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat tampil pada in house training Learning Management System yang digelar Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.

Rilis yang diterima Timlo.net, Selasa (24/9) menyebutkan, kegiatan yang dikemas dalam bentuk workshop ini, diikuti 70 dosen dari 6 fakultas yang berada di lingkungan Unisri.

Pada kesempatan itu, Ishartiwi mengatakan, hakikat pembelajaran adalah upaya maksimal pendidik membantu peserta didik belajar dengan menggunakan metode, strategi dan media yang tepat dalam mencapai kompetensi.

“Dosen dituntut memiliki ketrampilan menggunakan media pembelajaran. Multi media bukan satu-satunya media pembelajaran,“ ungkapnya.

Menurut Ishartiwi, ada enam kesalahan dosen dalam proses pembelajaran, yang sering kali tidak disadari. Pertama, menyajikan isi materi terbatas hanya memindahkan dari buku ke dalam laptop. Kedua, materi tidak diolah, tidak diperkaya dengan contoh lapangan dan hasil penelitian. Ketiga, cara penyajian hanya membaca isi power point dan tidak menjelaskan. Keempat, tehnologi laptop dan LCD dianggap modern dan paling efektif. Kelima, kurang memberikan latihan dan pemahaman lapangan. Keenam, pembelajaran kehilangan roh atau jiwa filsafat pendidikan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge