0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pileg, KPU Solo Temukan 3000 Pemilih Ganda

Kantor KPU Solo (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo —  Sedikitnya 3000 pemilih ganda ditemukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif (Pileg) 2014, Senin (16/9) lalu. Temuan pemilih ganda itu merupakan hasil pembersihan data ganda DPT yang saat ini masih dilakukan KPU Solo.

Komisoner KPU Solo Agus Sulistyono mengatakan, pasca penetapan DPT, KPU masih diberikan waktu untuk melakukan pembersihan data pemilih ganda. “KPU kabupaten/kota diberikan waktu untuk melakukan penetapan kembali DPT pada 12-13 Oktober,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (24/9) di Kantor KPU Solo.

Disampaikan Agus, pendataan ganda dimungkinkan lantaran petugas pemutakhiran data pemilih melakukan pendataaan berdasarkan domisili bukan berdasarkan alamat tempat tinggal. Data ganda dimungkinkan terjadi jika pemilih yang berdomisili di Solo tetapi alamat KPT-nya daerah lain kemudian tidak memberikan pemberitahuan ke daerah asal bahwa akan menggunakan hak pilihnya di Solo.

“Misalnya mahasiswa Surabaya kuliah di Solo. Saat dilakukan pemutakhiran data, petugas menanyakan kepada mahasiswa itu akan menggunakan hak pilihnya dimana? Di Solo atau di Surabaya. Jika ia menjawab di Solo maka ia dimasukkan sebagai pemilih di DPT Solo. Kalau kemudian ia tidak mengabarkan hal itu ke keluarganya di Surabaya, bisa jadi ia juga tercatat sebagai pemilih di Surabaya,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Agus, KPU melakukan pembersihan data ganda. Data DPT pun saat ini sudah menggunaan sistem online sehingga bisa dicek antara kabupaten/kota.

Data ganda yang ditemukan itu, tambah Agus, tidak hanya terjadi antar kota. Data ganda juga muncul di tingkatan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun di tingakatan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

DPT Pileg sendiri ditetapkan KPU Solo sebanyak 411.764 dengan perincian 200.076 pemilih laki-laki dan 211.688 pemilih perempuan. Jumlah itu lebih besar dari DPT pemilihan gubernur lalu sebanyak 408.507 pemilih.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge