0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Luthfi Mufidatul Hasanah

Mahasiswi UNS Ubah Sekam Padi Jadi Pengganti LPG

Luthfi Mufidatul Hasanah, mahasiswi D3 Tehnik Kimia UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mahasiswi D-3 Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Luthfi Mufidatul Hasanah berhasil mengubah limbah sekam padi menjadi sumber energi terbarukan.

“Banyak limbah sekam padi yang dibuang begitu saja tanpa banyak dimanfaatkan. Padahal sebetulkan bias dimanfaatkan menjadi sumber energi. Bahkan sekarang ini sedang saya kembangkan untuk menggantikan gas elpiji,” jelas Mufidatul kepada wartawan, di kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Selasa (24/9).

Mufifdatul mengatakan bahwa agar bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi, sekam padi memang musti melalui proses gasifikasi. Setidaknya ada tiga perangkat utama untuk proses gasifikasi. Diantaranya reaktor gasifier atau unit pengkonversi bahan baku (umpan) menjadi gas, unit pemurnian gas, dan unit pemanfaatan gas.

Pada proses gasifier, menurut Mufidatul, sekam padi dibakar, proses ini menghasilkan suhu yang sangat tinggi yakni 300 derajat Celsius. Gas yang masih panas dialirkan menuju spray-contactor untuk proses pendinginan hingga mencapai suhu kamar sekitar 50 derajat Celsius.

“Pendinginan ini bertujuan untuk memampatkan volume gas. Baru kemudian dilakukan filterisasi dan ditampung dalam gas producer untuk siap dimanfaatkan,” ungkapnya.

Menurut Mufidatul, pada reaktor gasifier, sekam padi dikonversi menjadi biogas sehingga biogas dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar seperti elpiji. Tapi sebelum digunakan, biogas ini harus dimurnikan dari senyawa-senyawa yang tidak digunakan agar tidak mengganggu penggunaan biogas.

“Pemurnian ini dilakukan di unit pemurnian gas. Tahapan terakhir yakni pemanfaatan gas, di sinilah biogas sekam padi dapat langsung digunakan untuk pengganti bahan bakar fosil,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa sumber energi dari limbah sekam padi bisa dikatakan ramah lingkungan dan hemat biaya. Satu kilogram sekam padi dapat dihasilkan tiga meter kubik gas.

“Kendati berasal dari sekam padi, namun panas yang dihasilkan tetap sama dengan panas dari elpiji,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge