0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Butterfly dari FSSR UNS Raih Juara Miss Supranational

Kostum Dayak bertemakan Butterfly karya dosen Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret (UNS), Ning Hadiati (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Kostum Dayak bertemakan Butterfly karya dosen Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret (UNS), Ning Hadiati telah menghantarkan Cok Isti Krisnanda menjadi juara ke empat Miss Supranational 2013.

“Awal mulanya memang saya sempat ragu, karena hampir 51 negara pesertanya. Namun ternyata berhasil membawa nama bangsa Indonesia di tingkat internasional,” ujar Ning kepada wartawan, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Selasa (24/9).

Ning mengaku bahwa pembuatan kostum Dayak Butterfly menggunakan materi yang berasal dari Kalimantan, menggunakan bahan dasar kulit kayu seperti kulit nyamu yang diaplikasikan dalam bentuk motif serat-serat yang dikenakan pada kemben dan aksen pada sayap.

Sedang bulu burung Enggang dan bulu burung Batang Macan dipakai untuk kepala. Untuk rok dan ekor memakai bahan beludru sesuai bahan yang dikenakan di Dayak. Warnanya memakai warna asli Dayak.

“Kostum tersebut saya rampungkan dalam kurun waktu tiga minggu. Sebetulnya belum sempurna, karena sisi sayap masih perlu ditambah payet biar terlihat menyala,” jelasnya.

Kendati telah meraih juara, kata Ning, dirinya masih berkeinginan mendesain kostum dengan mengeksplorasi khasanah Kota Solo sebagai bahan dasar, terutama batik.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge