0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhirnya BlackBerry Resmi Dijual Seharga Rp 47 Triliun

BlackBerry Z30. (Dok: Timlo.net/ CNET)

Timlo.net — Produsen ponsel yang gagal, BlackBerry telah setuju untuk menjual perusahaannya ke penyandang dana seharga $4.7 Milyar (Rp47 trilyun), mengakhiri penurunan paling spektakular dalam sejarah teknologi dekade ini.

Blackberry berkata kemarin lewat situs resmi mereka (23/9) bahwa perusahaan Kanada tersebut telah menandatangani sebuah letter of intent kepada Fairfax Financial Holdings Ltd. sebesar $4.7 milyar atau $9 (Rp90 ribu) per saham—lebih rendah Rp15 ribu dari harga penutupan saham pada hari Kamis minggu lalu.

Tindakan yang dilakukan BlackBerry menunjukkan betapa putus asanya perusahaan itu, demikian tulis Wired.com. Pada Jumat minggu lalu, perusahaan itu mengumumkan bahwa mereka rugi hingga hampir $1 milyar (Rp10 trilyun) untuk kuartal ini dan mengurangi tenaga kerja hingga 40 persen atau sekitar 4.500 pekerja.

Saham BlackBerry telah turun sekitar $8.25 (Rp8 ribu) setelah pengumuman kesepakatan dengan Fairfax Financial, penyandang dana yang membeli mereka. Kesepakatan itu akan membuat BlackBerry menjadi perusahaan private. CEO Fairfax Prem Watsa—yang mengundurkan diri dari dewan direksi BlackBerry bulan lalu untuk menghindari “konflik-konflik potensial” –berkata bahwa masa depan BlackBerry terletak pada “pengamanan solusi perusahaan,” sesuai dengan rencana perusahaan tersebut minggu lalu untuk berpindah dari pasar konsumen.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge