0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapolres Jadi Pembina Upacara di Sekolah

Polres Klaten Giatkan Razia Motor Pelajar

Kapolres Klaten AKBP Nazirwan Adji Wibowo menjadi Pembina Upacara Bendera di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Senin (23/9) (dok.timlo.net/rori)

Klaten — Untuk mengatasi tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalanan, berbagai langkah terus dilakukan jajaran Polres Klaten. Salah satunya dengan terjun ke lapangan melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah. Sosialisasi di sekolah dianggap penting, karena menurut data kecelakaan, hampir 20 % di antaranya melibatkan remaja yang berusia di bawah 16 tahun, dengan status pelajar yang mengendarai motor.

Kapolres Klaten AKBP Nazirwan Adji Wibowo yang menyempatkan diri menjadi Pembina Upacara Bendera di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Senin (23/9) mengungkapkan, sosialisasi di sekolah sengaja dilakukan karena saat ini mayoritas pelajar masih di bawah umur, namun mereka sudah mengendarai sepeda motor.

“Menurut data dari Korp Lalu Lintas Polri, pada Tahun 2011 sebanyak 32.657 orang meninggal dunia dan pada tahun 2012 mengalami penurunan menjadi 29.654 tetapi angka kematian tersebut masih tergolong tinggi karena dengan variasi penyebab kecelakaan yang semakin komplek. Untuk itu, ke depannya Polres Klaten akan menjalin kerjasama dengan berabagi sekolah di Klaten, untuk secara rutin melakukan sosialisasi setiap minggunya dengan menerjunkan anggota Kepolisian ke sekolah,” tandas Kapolres dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara.

Kapolres menambahkan, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di tingkat pelajar yang masih di bawah umur dan belum mengantongi surat ijin mengemudi (SIM) diperlukan kemitraan antara Polri, sekolah dan orang tua. Peran orangtua dan sekolah sangatlah penting dalam melakukan pembinaan para pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pelajar yang masih di bawah umur dan belum mempunyai SIM namun tetap mengendarai motor, jajaran Satlantas Polres Klaten terus menggiatkan razia kendaraan di jalanan setiap saat setiap waktu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge