0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Timnas Juara Piala AFF U-19, Roy Suryo akan Stop Naturalisasi

Menpora Roy Suryo (dok.timlo.net/Aryo Yusri Atmaja)

Timlo.net — Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo berharap kesolidan Tim Nasional Sepak Bola U-19 terus dijaga setelah memenangkan Piala AFF. Di sisi lain, Roy juga menolak melanjutkan program naturalisasi pemain asing.

“Makanya pesan saya mereka harus solid. Jaga soliditas mereka agar tidak mudah diambil atau ada yang cepat mengkarbit di antara mereka. Saya sangat setuju ketika mereka setelah hari ini istirahat dulu 1-2 hari, baru besok persiapan untuk AFC. Saya juga cari waktu untuk bisa bicara kepada mereka sekaligus memberikan harapan dan ucapan terima kasih dari pemerintah dan masyarakat. Ini kemenangan bersama,” kata Roy di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (23/9).

Soal naturalisasi, pengganti Menpora Andi Mallarangeng ini menegaskan, sejak awal bertugas dirinya berupaya mengurangi program naturalisasi terhadap pemain asing.

“Saya mencoba mengurangi naturalisasi atau bahkan memberhentikan naturalisasi karena anak-anak Indonesia itu luar biasa. Anak-anak kita yang di Swedia (U-14) bahkan mereka masuk ke final. Kalah karena adu penalti,” ujar Roy.

“Saya percaya, Indonesia punya potensi kok kalau dibina dengan baik. (Pemain) naturalisasi itu hanya ngetop 1-2 tahun saja, setelah itu jadi bintang iklan, belum lagi kasus-kasus, karena mereka merasa sudah menjadi superstar dan tidak ada efeknya bagi teman-teman yang lain,” papar mantan anggota Komisi I DPR ini.

Roy mengibaratkan pemain bola sebagai ikan di dalam sebuah kolam. “Kita lebih baik melatih ikan-ikan ini menjadi ahli semua, daripada di kolam itu kita masukkan ikan ahli, tetapi ikan yang lain tidak jadi ahli,” tandasnya. [bal]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge