0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Cara Gita Wirjawan Tutup Langkah Kartel Importir Kedelai

Kedelai. (dok.timlo.net/rori)

Timlo.net — Pemerintah secara resmi telah mencabut aturan lama terkait dengan importasi kedelai digantikan dengan ketentuan baru. Ketentuan baru itu salah satunya berisi penghapusan syarat impor kedelai yang hanya boleh dilakukan oleh Importir Terdaftar (IT).

Menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, penghapusan IT dimaksudkan untuk menyaingi kartel importir kedelai. Dengan penghapusan IT, impor kedelai dapat dilakukan oleh siapa saja.

“Kalau saya melihat pengubahan IT ini sudah bisa memberikan kesempatan kepada siapapun. Semestinya sudah memberikan warna yang berbeda,” ujar Gita akhir pekan ini di Jakarta.

Selain itu, Gita mengatakan, praktik kartelisasi impor kedelai juga dapat ditekan dengan penghapusan bea masuk. “Ini kita mengajukan permohonan untuk menghapuskan biaya masuk,” kata dia.

Namun demikian, menurut Gita, kebijakan penghapusan IT dan biaya masuk untuk menstabilkan harga kedelai tidak dapat dijalankan dalam waktu lama. Dia meyakini stabilitas pasokan dan harga kedelai nasional hanya dapat ditopang dengan mengandalkan produksi dalam negeri.

“Saya rasa ini sementara. Dan saya rasa kita benar-benar harus meningkatkan produksi dalam negeri. Kalau memang produksi kita sesuai target, kita tidak usah khawatir mengenai biaya masuk, importasi, apapun termasuk kartelisasi dan segalanya,” pungkas dia.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge