0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Asal-usul Bangsa India Diceritakan Melalui Tarian Bharatanatyam

Seniman India, Kiran Rajagopalan. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Tarian klasik asal India bagian Selatan ditampilkan oleh delegasi asal India, Kiran Rajagopalan di gelaran Solo International Performing Arts (SIPA) 2013 di Benteng Vastenburg, Minggu (22/9) malam. Tarian berjudul Bharatanatyam tersebut diiringi musik dan narasi.

Tarian itu becerita tentang kisah Bharata, asal mula terbentuknya nenek moyang bangsa India dengan narasi yang dibantu penerjemah bahasa Indonesia. Diiringi lantunan musik khas India, narasi cerita dipadukan dengan seni tari, musik serta video art.

“Saya menceritakan tentang asal usul bangsa India dari nenek moyang kami yang bernama Bharata. Beliau (Bharata) sudah ada, bahkan sejak perang perebutan antara Rama dan Rahwana,” papar Kiran usai pertunjukan.

Kepada wartawan Kiran mengaku sengaja mengusung tarian ini lantaran banyak masyarakat di berbagai dunia yang belum mengetahui sejarah bangsa India. Melalui pertunjukan SIPA tersebut dirinya ingin memperkenalkan asal-usul tentang bangsa yang terkenal kental dengan tradisi Hindu.

“Saya ingin berbagi sejarah dengan bangsa-bangsa lain, tentang sejarah bangsa kami,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge