0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Relawan Bantu Warga Usir Kera dengan Long Bumbung

Kera dari gunung yang mulai turun di pemukiman warga Kecamatan Bulu, Sukoharjo (Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto)

Sukoharjo — Untuk membantu masyarakat Bulu yang resah dengan serangan kera liar, puluhan relawan Batu Seribu melakukan pengusiran dengan suara ledakan long bumbung atau bazoka di sejumlah titik yang disinyalir sebagai tempat berkumpulnya kera, Minggu (22/9) sore.

Relawan dibagi beberapa tim, dan melakukan penyisiran di lokasi yang disinyalir sebagai tempat berkumpulnya kera di Desa Kedungsono dan Desa Gentan. Berkali-kali ledakan bazoka yang terbuat dari kaleng bekas dan pralon berbahan bakar spirtus dibunyikan untuk memberikan shok terapi agar kera jera mendatangi pemukiman warga.

Warga setempat terlihat antusias ikut dalam operasi pengusiran kera oleh relawan. “Kami sangat senang dibantu oleh rekan-rekan relawan. Semoga ledakan bazoka membuat jera kawanan kera agar tidak kembali kesini lagi,” ujar Suroso salah satu warga.

Komandan Relawan Batu Seribu Lesus Triyanto mengatakan, pihaknya hanya membantu pengusiran sementara dengan ledakan bazoka. Hal itu sambil memikirkan solusi lain agar kera liar kembali ke habitatnya.

“Ini sifatnya sementara. Jadi sambil kita pikirkan solusi lain untuk mengembalikan kera-kera liar tersebut ke habitatnya,” terangnya.

Relawan juga siap membuatkan peralatan bazoka untuk mengusir sementara kawanan kera. Warga yang menginginkan bazoka dapat menghubungi ke posko relawan yang terletak di Rejosari Lorog Tawangsari.

“Bisa digunakan untuk mengusir sementara kawanan kera.. Cukup efektif karena notabenenya alat ini di gunakan untuk mengusir gajah di Sumatera. Warga yang menginginkan untuk kepentingan pengusiran kera bisa datang ke posko,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge