0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Terima Laporan Tiga Dugaan Politik Uang

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar, Dwi Joko Mulyono (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Hingga Minggu (22/9), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Karanganyar telah menerima tiga laporan dugaan politik uang, yang terjadi menjelang pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 22 September.

Tiga laporan dugaan politik uang itu terjadi di Desa Ngemplak Kecamatan Karangpandan, Desa Malanggaten Kecamatan Kebakkramat dan di Kecamatan Jumapolo, yang terjadi Sabtu (21/9).

“Sampai saat ini kami baru menerima tiga laporan tersebut dan masih menindaklanjutinya,” terang Ketua Panwaslu Dwi Joko Mulyono, saat ditemui di kantornya, Minggu (22/9). Joko membenarkan bila ketiga laporan tersebut

Panwaslu sudah menindaklanjuti dengan melakukan klarifikasi kepada terlapor dan pelapor di kantor Panwaslu yang ada di Jalan Lawu Karanganyar.

Joko mengatakan, dari ketiga laporan dugaan itu, ada satu yang tertangkap tangan para kader pasangan Paryono-Dyah Shintawati (Pasti), yakni yang terjadi di Karangpandan. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, terlapor bernama Ngatman (44) warga Desa Ngemplak RT 2 RW 4 Karangpandan. Dia ditangkap warga tatkala membawa uang Rp 10 juta dalam pecahan lima ribuan dan dibungkus tas kresek warna hitam.

Mustari, anggota Panwaslu menambahkan, untuk terlapor yang ada di Kebakkramat adalah Suratmi (38) warga Desa Malanggaten, yang juga seorang guru TK. Namun dalam catatan tambahan, antara pelapor dan terlapor dalam kasus di Kebakkramat ini sebelumnya memang sudah memiliki masalah pribadi sebelumnya.

Untuk terlapor yang ada di Jumapolo juga seorang perempuan, namun Panwaslu masih enggan membeber data dengan alasan masih akan melakukan klarifikasi kepada terlapor dan pelapor serta para saksi.

“Untuk laporan di Jumapolo kami belum mengklarifikasi, tapi pasti akan mendalaminya,” tegasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge