0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SIPA 2013

The Rite of Spring, Hasil Proses Kreatif Lewat Dunia Maya

Dance Theater Ludens delegasi dari Jepang tampilkan karya tari kontemporer bertajuk The Rite of Spring di Gelaran SIPA 2013. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Gerakan semi balet dari ketujuh penari asal delegasi dari Jepang, Dance Theater Ludens membuat penonton perhelatan SIPA 2013 yang diadakan di Benteng Vastenburg, Solo, Sabtu (21/9) malam terkesima. Bagaimana tidak, gerakan-gerakan sukar dan terkadang membuat mereka melayang merupakan gerakan yang membutuhkan teknik yang matang.

Diiringi musik karya komposer legendaris asal Eropa, Igor Stravinsky, para penari ini tampil maksimal dalam balutan busana putih. Sorot lampu yang terang kian makin menegaskan kesan energik dalam setiap gerak. Sesekali terdengar pekik teriakan dari salah satu penari, lalu disusul oleh penari yang lain.

Karya yang diberi judul “The Rite of Spring” tersebut mengisahkan tentang periode khusus yang dialami seorang wanita belia saat tumbuh menjadi dewasa. Dalam gerakan tari yang ditampilkan terdapat simbol-simbol khusus seperti keberanian, ketakutan, rasa percaya diri dan bahaya. Karya yang ditampilkan tersebut mengadopsi bentuk kehidupan wanita muda yang hidup dalam modernisasi masyarakat Jepang modern.

“Tarian ini penggambaran dari kehidupan wanita muda Jepang, saat mereka memasuki realita dunia modern di jaman ini,” papar Ketua Kelompok Dance Theater Ludens, Takiko Iwabuchi kepada Wartawan.

Dijelaskan, selama proses kreasi karya tersebut dirinya terus berhubungan intensif dengan sang komposer musik. Namun uniknya, hubungan yang dijalin bukanlah dalam dunia nyata, melainkan melalui email. Dirinya sering menanyakan arti irama dalam musik pengiring karya Igor Stravinsky tersebut, lalu diterjemahkan kedalam bentuk sebuah karya tari.

“Prosesnya hampir selama enam bulan. Selama proses itu, saya menterjemahkan irama musik karya Igor kedalam sebuah bentuk gerakan,” paparnya.

Terkait penampilannya tersebut, pihaknya merasa bangga sekaligus mendapatkan suatu kehormatan dapat menjadi salah satu delegasi dalam perhelatan specktakuler di Kota Solo.

“Kami merasa terhormat diundang untuk tampil di Kota Solo,” ungkapnya.

Dance Theater Ludens delegasi dari Jepang tampilkan karya tari kontemporer bertajuk The Rite of Spring di Gelaran SIPA 2013



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge