0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KONI Tahan Dana Insentif, PRSI Kecewa Berat

Solo — Sikap KONI Kota Solo yang mengancam akan menahan dana isnentif bagi atlet dari Pengcab mbalelo saat persiapan Porprov, menuai kecaman. Ya, Pengcab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Solo langsung mengambil sikap, dengan menyayangkan keputusan KONI terkait pencairan dana insentif selama lima bulan.

KONI sendiri menunda pencairan dana insentif bagi PRSI dan juga Pengkot Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Solo lantaran dianggap mangkir dari latihan fisik bersama awal pekan lalu. Akibatnya, dana insentif yang diperuntukkan bagi atlet ditahan oleh KONI. Ketua Pengkot PRSI Solo, Devy Rachyuanto, menganggap bahwa seharusnya KONI Kota Solo tidak memiliki hak menahan dana insentif bagi Pengkot.

Alasannya, Pengcab PRSI Kota Solo telah memiliki agenda latihan fisik mandiri, di luar program latihan fisik yang diselenggarakan KONI. Dirinya bahkan telah meminta izin kepada Ketua I KONI Solo, Bambang Wijanarko, terkait tak bisa mengikuti latihan fisik.

“Peran KONI itu sebenarnya hanya fasilitator bukan perusahaan. Mengurusi hak dan kewajiban Pengcab bukan menjadi KONI. Termasuk menahan dana insentif bagi kami itu jelas bukan wewenang dari KONI. Apalagi kita izin kemarin karena atlet sedang mengikuti kejuaraan di Jakarta dan Semarang,” kata Devy, Sabtu (21/9).

Bahkan, Devy mengaku heran dengan sikap KONI yang mengajukan anggaran Rp 5 miliar di APBD sebelum mengalami perubahan di APBD-P sebesar Rp 7 milar. Menurutnya, dalam pengajuan anggaran tersebut, pihak Pengcab tidak pernah dilibatkan.

“Angka Rp 5 miliar itu dari mana? Hitungannya dari siapa?. Padahal Pengcab tidak pernah diajak rembugan, apalagi diajak untuk bertanda tangan,” bebernya.

Devy pun pesimis dengan kiprah kontingen Solo di Porprov Banyumas bulan depan, apalagi target untuk menjadi runner-up. “Porporv di Solo tahun 2009, masalah hak atlet sudah kelar sebulan sebelum pelaksanaan. Jangan sampai atlet yang harus dikorbankan lagi,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge