0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Atasi Kekeringan, BPBD Berupaya Perluas Jaringan Sumur Dalam

Sukoharjo — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, berusaha mengatasi bencana kekeringan yang terjadi setiap tahun. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah, optimalisasi fungsi sumber air.

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto mengatakan, BPBD akan mengajukan permintaan dana kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk anggaran pengembangan sumur dalam. Menurutnya optimalisasi fungsi sumber air ini merupakan upaya yang paling efektif untuk mengatasi kekeringan.

“Kami sedang berusaha untuk menyelesaikan permasalahan kekurangan air bersih secara permanen, yakni dengan menambah cakupan sumur dalam dan mencari serta mengembangkan sumber air yang ada,” ujar Suprapto.

Dalam waktu dekat, perluasan cakupan sumur dalam akan diterapkan di sumur dalam yang terletak di Desa Alasombo Kecamatan Weru. Rencananya sumur dalam di wilayah itu akan di tambah jaringan agar dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Namun tidak menutup kemungkinan, pihaknya akan membuat sumur dalam baru di beberapa titik lokasi rawan kekeringan, mengingat saat ini tahapan permintaan ke pusat sudah dilaksanakan. Semntara terkait pengiriman air bersih, pihaknya mengaku hanya sebagai fasilitator. Untuk eksekusi dilakukan oleh PDAM.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge