0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMP Advent Solo Raih Juara Nasional Lomba Cerdas Cermat Kader Kesehatan Remaja SMP

Solo — Kezia Yunis H, siswa SMP Advent Solo berhasil meraih juara I dalam Lomba Cerdas Cermat Kader Kesehatan Remaja SMP Tingkat Nasional yang digelar dalam Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Expo 2013 di Bogor, 15-18 September.

“Dalam ajang nasional tersebut provinsi Jawa Tengah diwakili oleh lima wakilnya untuk kategori Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja,” jelas Ketua Badan Koordinasi UKS Solo, Hartoyo kepada wartawan, di Solo, Sabtu (21/9).

Untuk ajang nasional tersebut, menurut Hartoyo, Jawa Tengah untuk kategori Dokter Kecil diwakili oleh Anisa Rahmawati dari SDN 1 Papahan Karanganyar, sedangkan kategori Kader Kesehatan Remaja oleh Anggito Abimanyu dari SMPN 1 Temanggung, Muhammad Haidan Hakim dari SMPN 1 Banyumas, Monika Apriliani dari SMPN 1 Wangadadi Banjarnegara, dan Kezia Yunis H dari SMP Advent Solo.

“Dari lima wakil Jawa Tengah hanya satu yang meraih juara, dari kategori Kader Kesehatan, yakni Kezia Yunis H dari SMP Advent Solo,” jelasnya.

Hartoyo mengatakan bahwa Kezia berhasil menyisihkan 32 peserta lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia. Prestasi Kezia ini merupakan kali pertama untuk Solo. Prestasi siswi SMP Advent ini dapat menginspirasi dan memotivasi pelajar Solo lainnya untuk lebih aktif dalam kegiatan UKS.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa UKS memiliki peran penting dalam membudayakan siswa untuk hidup bersih dan sehat. Siswa dapat menjadi duta kesehatan bagi dirinya sendiri, sekolah, dan keluarga.

“Kita mencoba mencetak kader-kader kesehatan remaja yang nanti akan menjadi motor untuk keluarga, sekolah, dan dirinya sendiri. Selain itu, dalam menggalakkan kader kesehatan remaja, UKS Solo juga fokus dalam pembinaan kepala sekolah dan guru untuk mewujudkan sekolah sehat. Salah satunya yakni training of facilitator kepada kepala sekolah dan training of trainers untuk guru,” pungkas Hartoyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge