0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Direktur Ditlantas Polda Jabar: Mobil Murah Bikin Macet Jalan

Kemacetan di Solo (dok.timlo.net/irawan mintorogo)

Timlo.net — Kebijakan mobil murah ramah lingkungan yang diluncurkan pemerintah pusat ditolak banyak daerah. Terutama wilayah besar seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah yang menganggap keberadaan mobil murah akan menambah beban di jalanan, yang berdampak pada kemacetan.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat pun sepakat dengan itu. Menurut Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol Rusdi Hartono, kebijakan mobil murah hanya akan memperparah kondisi di jalanan, terlebih jika tanpa dibarengi penambahan infrastruktur jalan.

“Apabila diberlakukan kebijakan pemerintah terkait mobil murah maka masyarakat akan berlomba-lomba untuk memiliki mobil dan ini akan membuat kemacetan di ruas jalan,” katanya di Bandung, Sabtu (21/9).

Dia menambahkan, kenaikan jumlah kendaraan setiap bulan khususnya di wilayah Jabar sekitar 10 persen. Pertambahan akan lebih signifikan apabila mobil murah benar-benar dipasarkan.

“Kota Bandung saja bisa mencapai sekitar 400 unit per bulannya (roda empat), belum lagi roda dua,” jelasnya.

Dia mengaku tidak bisa berbuat banyak soal kebijakan pemerintah pusat terkait mobil murah. Rusdi berharap dengan bertambahnya kendaraan murah, maka pemerintah bisa mengimbangi dengan menambah infrastruktur jalan. [bal]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge