0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa Baru Prodi Sejarah UNS Pembekalan di Sangiran

Mahasiswa baru Prodi Sejarah UNS saat belajar di Museum Purbakala, Sangiran, Kalijambe, Sragen (dok.timlo.net/tyo eka)

Sragen — Sebanyak 60 mahasiswa baru program studi (Prodi) Sejarah Universitas Sebelas Maret (UNS) mendapat pembekalan Kebudayaan Indonesia di area situs prasejarah Sangiran, Kalijambe, Sragen, Sabtu (21/9).

“Sengaja mahasiswa baru prodi Sejarah diperkenalkan tentang kebudayaan yang tidak lepas dari dari mana budaya itu berasal. Salah satunya berawal dari masa prasejarah,” jelas Dosen Sejarah Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS, Sawitri Tri Prabawati MPd di sela-sela acara pembekalan saat berada di Museum Manusia Purba Sangiran.

Sawitri mengatakan bahwa salah satu bukti yang bisa dilihat dari masa prasejarah itu adalah di Museum Sangiran. Apalagi area Sangiran merupakan kawasan peninggalan purbakalan tertua dan sudah diakui oleh dunia.

“Tujuannya supaya mahasiswa memahami awal budaya dari masa prasejarah, seperti dari masa batu, masa besi dan selanjutnya. Sedang kuliah yang membahas prasejarah adalah pada mata kuliah Dinamika Kebudayaan Indonesia dan Sejarah Indonesia Kuno,” ungkapnya.

Terkait keberadaan Museum Manusia Purba Sangiran, Sawitri mengakui sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang belajar sejarah, terutama mahasiswa termasuk mereka yang meneliti tentang sejarah purbakala.

“Sangat membantu sekali, paling tidak menjadi referensi bagi peminat sejarah,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge