0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seleksi Anggota KPU Solo: 10 Besar Diumumkan 24 September

Tim seleksi anggota KPU Solo menggelar tes wawancara kepada para peserta seleksi (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Integritas peserta seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi poin penting yang akan menentukan kelulusan 10 besar calon anggota KPU Solo. Tim Seleksi (Timsel) KPU Solo mengklarifikasikan laporan masyarakat terkait integritas calon kepada peserta seleksi dalam tes wawancara.

Ketua Timsel KPU Solo, Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, hari ini, Sabtu (21/9), Timsel melakukan tes wawancara terhadap 20 peserta seleksi anggota KPU yang lolos tes tertulis dan tes psikotes. Melalui tes wawancara itu, pihaknya bakal menjaring 10 nama untuk kemudian diserahkan kepada KPU Jawa Tengah. 10 nama itu akan diumumkan kepada publik, Selasa (24/9).

Dalam tes wawancara kali ini, ada empat hal yang menjadi bahan pertanyaan Timsel yaitu pengetahun tentang sistem politik, manajemen pemilu, pengetahuan perundang-undangan dan klarifikasi atas tanggapan masyarakat.

“Ada tanggapan masyarakat yang masuk baik positif dan negatif dan kami klarifikasi. Karena KPU bukan sekedar kemampuan teknis pemilu tetapi juga integritas. Aspek penting KPU itu justru kemandirian atau independensi. Kami ingin menguji lebih pada masalah integritas. Tanggapan masyarakat yang menyangkut integritas itu jadi penting,” kata Aidul kepada Timlo.net, Sabtu (21/9) di sela pelaksanaan tes wawancara seleksi anggota KPU Solo di Hotel Grand Setia Kawan.

Diterangkan, untuk masalah pengetahuan soal tehnis Pemilu bisa dipastikan peserta seleksi yang merupakan incumbent memiliki nilai lebih dikarenakan lebih memahami persoalan tehnis pemilu. Dengan demikian, poin integritas diharapkan dapat mengimbangi nilai peserta non incumbent.

“Klarifikasi laporan dari masyarakat itu kami lakukan dan itu sangat menentukan. Kami sudah membuka hotline pengaduan, baik tertulis maupun email. Dalam dua hari kemarin, kami juga melakukan sharing pertemuan dengan kelompok masyarakat sipil dan kemudian dengan media, sejauh yang kami rasakan, hal ini bisa membantu melakukan seleksi sampai terpilih 10 besar,” paparnya.

Aidul menambahkan, setelah terpilih 10 besar, pihaknya akan menyerahkan 10 calon anggota KPU itu ke KPU Provinsi Jawa Tengah. Nantinya KPU Jateng akan memilih melakukan fit and proper test untuk menjaring lima nama yang kemudian ditetapkan sebagai anggota KPU Solo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge