0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Tidur. (dok.timlo.net/google.images)

Timlo.net—Anda sering nonton TV sebelum tidur? Anda tidak sendirian. Berdasarkan survei terkini, dua pertiga populasi di setiap negara di dunia menonton TV satu hingga dua jam sebelum tidur. Lantas apa masalahnya? Ternyata sepertiga populasi yang mematikan TV satu-dua jam sebelum tidur bisa tidur lebih nyenyak.

“Cahaya terang di TV merangsang otak, yang bisa mempengaruhi sekresi di melatonin, sebuah hormon yang perlu untuk tidur berkualitas,” jelas W. Christopher Winter, M.D., penasehat tidur untuk majalah Men’s Health. Dan laptop dan tablet yang menggunakan cahaya terang juga membuat orang susah tidur.

Jika Anda memang tidak bisa mematikan TV, atau laptop dan tablet Anda, pastikan peralatan elektronik tersebut disetting dalam cahaya rendah dan pastikan Anda menonton program yang membosankan. “TV juga bisa mempengaruhi kualitas tidur jika program yang ditayangkan membuat Anda kesal,” kata Dr. Winter.

Kebiasaaan sebelum tidur yang sehat adalah matikan TV dan membaca buku. Membaca dengan cahaya yang cukup tidak akan mengganggu produksi melatonin di otak Anda. Ditambah, beberapa penelitian menyatakan bahwa memori kita secara keseluruhan akan naik bila kita belajar sebelum tidur.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge