0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

39 Caleg Perempuan Dilatih Cara Bertarung dalam Pileg

Pelatihan Penguatan Kapasitas Perempuan Partai Politik Kabupaten/Kota se Jawa Tengah di Anugerah Riyadi Palace, Solo, Sabtu (21/9). (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Puluhan calon anggota legislatif (Caleg) perempuan dari berbagai partai politik mengikuti Pelatihan Penguatan Kapasitas Perempuan Partai Politik Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, di Anugerah Riyadi Palace, Solo, Sabtu (21/9). Dengan pelatihan tersebut diharapkan Caleg perempuan siap bertarung dalam pemilu legislatif (Pileg) 2014.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana Pemerintah (BP3AKB) Jawa Tengah, Ema Rahma mengatakan pelatihan tersebut sengaja digelar mengingat penguatan kapasitas Caleg perempuan oleh parpol masih minim dilakukan.

“Parpol lebih banyak sebatas memenuhi syarat administrasi keterwakilan 30 persen Caleg perempuan. Tetapi kemudian tidak berupaya mendorong agar Caleg perempuan siap bertarung dalam Pemilu,” kata Ema Rahma saat ditemui Timlo.net, usai pelatihan berlangsung.

Menurut Ema, keterwakilan perempuan hasil Pemilu 2009 di DPRD kota maupun propinsi masih belum mencapai 30 persen. Di DPRD kabupatan/kota, anggota DPRD perempuan rata-rata baru mencapai 19 persen. Sedangkan anggota DPRD propinsi baru 21 persen.

Pelatihan tersebut, lanjut Ema, diikuti oleh 39 Caleg DPRD kota dan propinsi dari berbagai parpol peserta Pemilu 2014 di eks Karesidenan Surakarta dan eks Karesidenan Kedu (Bakorwil II). Sedangkan untuk seluruh Jateng, total peserta pelatihan sebanyak 105 Caleg perempuan yang dilakukan secara pararel.

Bangkit Ari Sasongko, fasilitator pendidikan politik yang memberikan materi dalam pelatihan tersebut mengungkapkan materi yang diberikan antaralain meliputi kampanye diri, mengelola isu, branding, membangun jaringan dan juga community development.

Salah seorang Caleg DPRD Klaten asal PDIP, Mulyatminah mengaku banyak mendapat manfaat dari pelatihan tersebut. “Dari pelatihan ini saya jadi tahu siapa yang harus saya hubungi dan bagaimana mengelola isu. Apalagi saya juga terhitung baru sebagai Caleg,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge