0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ruhut Gagal Dilantik? Marzuki: Itu Tergantung Anggota Komisi III DPR

Ruhut Sitompul, politisi Partai Demokrat (Dok.Merdeka.com)

Timlo.net — Ketua DPR Marzuki Alie enggan menanggapi kritik dan protes anggota Komisi III DPR terhadap keputusan Fraksi Demokrat yang memilih Ruhut Sitompul sebagai ketua komisi. Ruhut dipilih untuk menggantikan I Gede Pasek Suardika.

Marzuki mengatakan segera memerintah Priyo Budi Santoso sebagai pimpinan DPR bidang politik dan hukum segera melantik Ruhut. Dalam pelantikan nanti bisa terlihat jika dukungan banyak diberikan pada Ruhut, maka pria yang terkenal dengan sapaan Poltak itu bisa jadi ketua. Tapi sebaliknya, jika sedikit maka Ruhut gagal menempati posisi tersebut.

“Kami akan menugaskan kepada wakil ketua bidang politik hukum, yaitu Pak Priyo untuk melakukan pelantikan. Pada saat pelantikan itu harus dihadiri oleh anggota Komisi III, memenuhi kuorum. Apakah anggota Komisi III menerima ataukah tidak. Jadi di sana persoalannya,” jelas Marzuki usai mengikuti acara diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/9).

Kalau saat jadwal pelantikan tidak kuorum, maka pelantikan gagal. Oleh karena itu, Marzuki menyerahkan kelangsungan jabatan Ruhut itu pada anggota Komisi III, apakah bersedia hadir atau tidak.

“Kalau tidak kuorum tidak bisa dilakukan pelantikan. Itu tata tertib. Sebaiknya kita tunggu saja bagaimana mekanisme yang akan dilakukan di Komisi III,” imbaunya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah anggota Komisi III yang selama ini vokal dengan tegas menolak Ruhut jadi ketua. Mereka menilai kepemimpinan Ruhut belum teruji hingga khawatir Komisi III akan menjadi komisi badut.

Tapi Ruhut yakin penolakan yang dilakukan sejumlah anggota Komisi III lantaran khawatir kepemimpinannya bisa membongkar praktik suap dan korupsi di Komisi III.

“Mereka terusik dengan aku menjadi ketua komisi. Sudah capek aku dengarnya. Kebayang kan kalau saya ketua,” kata Ruhut saat dihubungi, Jumat (20/9). [lia]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge